Iklan Terbaru Sidomuncul: Tolak Linu Peduli Lingkungan



Ketika belanja bulanan di supermarket saya sering minta kantong plastik besar dobel ke kasir. Tanpa saya sadar bahwa tindakan tersebut ternyata kurang baik untuk lingkungan. Lalu, saya dibuat kaget saat belanja bulanan ke supermarket dan kasir bilang kalau setiap kantong plastik harus berbayar, jumlahnya tidak besar hanya Rp 200,00 per kantong plastik. Namun, ternyata efeknya sangat bagus untuk saya karena saya memutuskan untuk tidak meminta kantong plastik dobel lagi. Saya pun jadi sering mengingatkan istri untuk membawa kantong belanja dari kain setiap bepergian. Jadi kalau tiba-tiba mampir ke supermarket atau mini market sudah siap dengan kantong belanja kain.

Kantong plastik berbayar ini memang tujuannya sangat baik yaitu agar masyarakat lebih aware terhadap lingkungan dengan diet kantong plastik. Ternyata isu ini ditangkap oleh Bapak Irwan Hidayat, CEO PT Sido Muncul Tbk. dengan langsung membuat iklan terbaru Sidomuncul yaitu Tolak Linu Peduli Lingkungan. Iklan yang sangat cerdas dan bisa menjadi komunikasi publik untuk kampanye peduli lingkungan. Sebenarnya banyak orang yang bicara mengenai peduli lingkungan, sayangnya kesadaran di masyarakat masih kurang sehingga diperlukan partisipasi dengan cara tindakan nyata untuk bisa menjaga lingkungan dari sampah plastik. Salah satu langkah nyata ini dilakukan oleh Sidomuncul dengan membuat iklan terbaru bertema lingkungan agar masyarakat menjadi lebih peduli. Diharapkan dengan adanya iklan ini, isu peduli lingkungan akan tetap bergaung dalam beberapa bulan ke depan dan selalu diingat oleh masyarakat. Target selanjut bisa berupa aksi peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik.


Saya pun beruntung bisa hadir dalam acara peluncuran iklan terbaru Sidomuncul pada hari Kamis, 3 Maret 2015 dalam acara peluncuran iklan terbaru Sidomuncul Tolak Linu Peduli Lingkungan yang dihadiri langsung oleh Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. Beliau secara langsung melakukan peresmian peluncuran iklan Tolak Linu Peduli Lingkungan. Hadir juga Tantri ‘Kotak’ sebagai bintang iklan Tolak Linu Peduli Lingkungan. Dalam acara ini, Tantri yang sebenarnya sudah cuti hamil tetap hadir dan mengisi acara karena sangat ingin berpartisipasi dalam acara kampanye peduli lingkungan ini. Tantri menghadiahi para hadirin dengan 3 lagu di antaranya Tendangan dari Langit, dan lagu yang menjadi soundtrack iklan terbaru Sidomuncul yaitu Hijaukan Bumi. Walaupun sedang hamil besar namun Tantri tetap mampu menghibur dengan suaranya yang memukau kami. Saya sendiri dibuat takjub dengan performa suara Tantri yang memang sangat bagus sekali. Tepuk tangan deh buat Tantri.



Penampilan Tantri 'Kotak' di acara peluncuran iklan terbaru sidomuncul

Dalam sambutannya, Bapak Irwan Hidayat menyebutkan bahwa ide membuat iklan ini muncul dan dieksekusi langsung menjadi iklan TVC dengan tujuan agar berita tentang plastik berbayar tetap bergaung selama 3 bulan. Diharapkan dengan iklan ini, masyarakat dapat teredukasi tentang bagaimana memperlakukan sampah dengan baik. Selama ini ternyata sampah menjadi masalah karena tidak dipilah dan sudah bercampur baur sehingga yang dapat didaur ulang hanya sedikit, selebihnya lebih banyak dibakar dan membuat masalah lingkungan yang baru.


Diharapkan dengan pemilahan sampah tersebut dapat membuat lebih banyak sampah yang didaur ulang. Pemilahan sampah memang tampak sebagai tindakan kecil dan bisa dilakukan di lingkungan rumah akan tetapi dampaknya sangat baik bagi lingkungan. Sampah yang dipilah terlebih dahulu di rumah akan memudahkan untuk proses daur ulang. Selain itu akan menambah pendapatan para pemulung sampah karena mereka tidak harus repot memilah sampah dan bisa langsung menjual sampah yang sudah dipilah. Bahkan kalau perlu, pisahkan sampah yang bisa dimanfaatkan lalu beri tulisan “Silakan Ambil Barang Rongsokan.” Pak Irwan menambahkan jika semua orang punya kesadaran tersebut maka kita akan memiliki masa depan lingkungan yang lebih baik.


Setelah Ibu Siti Nurbaya selesai melakukan peresmian iklan, acara selanjutnya yaitu diskusi panel dengan para pembicara di antaranya Ibu Siti Nurbaya, Bapak Irwan Hidayat, Tantri, dan beberapa pembicara lainnya dengan moderator Tina Talisa. Dalam diskusi tersebut, Ibu Mentri menyebutkan bahwa hal yang dilakukan oleh PT Sido Muncul Tbk. merupakan langkah yang tepat karena saat berbicara mengenai lingkungan ada 2 pendekatan yang harus dilakukan yaitu yang pertama menguasai pengetahuan tentang bagaimana menjaga lingkungan dan yang kedua melakukan kampanye. PT Sido Muncul Tbk. sudah melakukan keduanya dengan membuat iklan terbaru tolak linu dengan tema peduli lingkungan dan pembuatan kantong belanja yang terbuat dari kain. Kantong belanja ini diberikan secara gratis bagi masyarakat yang membeli produk PT Sido Muncul Tbk. yaitu Tolak Linu Herbal. Menurut ibu Mentri memang dibutuhkan langkah inovatif dan kreatif dari masyarakat untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan peraturan. Pemerintah harus bisa membuat kebijakan yang tepat dan masyarakat mampu merespon kebijakan dengan tindakan yang positif.

Bu Mentri menyebutkan bahwa Ketentuan mengenai kantong plastik berbayar ini diuraikan dalam Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Nomor: S.1230/PSLB3-PS/2016 tentang Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar. Dalam surat edaran tersebut, minimal harga satu kantong plastik adalah Rp 200,-.

Uang yang dibayarkan untuk kantong plastik tersebut akan dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan lingkungan dan kebijakannya sedang dirangkum oleh pemerintah. Mekanismenya sedang disusun dalam peraturan sehingga masyarakat tahu, uang yang dibayar oleh masyarakat untuk kantong plastik tersebut untuk apa pemanfaatannya. Sementara itu, Pak Irwan sangat mendukung peraturan pemerintah ini dan merasa harus membantu dan berpartisipasi untuk negeri. Tujuannya agarPT Sido Muncul Tbk. jadi perusahaan di negara yang maju.

Dalam diskusi ini disebutkan bahwa jumlah sampah di Jakarta setiap harinya berkisar antara 6.500 – 6700 ton. Lalu jumlah truk yang mengangkut sampah Jakarta ke Bantar Gebang sekitar 1000 truk setiap harinya. Sekitar 115-125 dari jumlah sampah tersebut yaitu sampah plastik atau sekitar 700 – 800 ton sampah plastik di Jakarta setiap harinya. Sebuah jumlah yang fantastis dan akan berakibat buruk jika terus dibiarkan tanpa ada program pengolahan sampah yang tepat. Gerakan diet kantong plastik diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah plastik dan pembatasan timbunan sampah plastik di berbagai daerah di Indonesia.

Saat acara diskusi berlangsung, Pak Irwan secara spontan langsung mendapat ide untuk membuat iklan terbaru mengenai bagaimana pemilahan sampah. Rencananya syuting iklan akan dilaksanakan hari Senin mendatang di rumah Tantri. Walaupun sedang hamil besar, Tantri menyatakan senang dan bersyukur dapat terlibat dalam kegiatan ini karena memang pada dasarnya Tantri sangat peduli lingkungan.

Bu Mentri, Siti Nurbaya menambahkan bahwa sampah bukanlah masalah melainkan harta karun bagi orang yang mengerti bagaimana cara memanfaatkan sampah. Sampahbisa berubah menjadi pupuk organik bagi tanaman dan meningkatkan sektor pertanian, sampah juba bisa menjadi energi untuk menggerakkan mesin. Plastik juga sudah ada yang dibuat dari tanaman sehingga akan mudah hancur dan tidak mencemari bumi. Dua hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk masalah sampah ini yaitu dengan cara kurangi sampahnya dan tangani sampahnya. Bu Mentri berpesan bahwa sampah harus dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa menjadi sumber daya lain dan bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Acara peluncuran iklan terbaru Sidomuncul ini ditutup dengan manis oleh Pak Irwan yang membagikan doorprize senilai Rp1000.000,00 kepada 38 orang yang beruntung. Acara yang berkesan untuk saya dan sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan tentang bagaimana menangani sampah dengan tepat. Penanganan sampah dimulai dari rumah sendiri dengan memilah sampah, jika belum tahu caranya, tunggu iklan terbaru Sido Muncul yang akan memperlihatkan Tantri memilah sampah di rumahnya.
Iklan Terbaru Sidomuncul: Tolak Linu Peduli Lingkungan Iklan Terbaru Sidomuncul: Tolak Linu Peduli Lingkungan Reviewed by Fauzi Nurhasan on 13.27 Rating: 5

3 komentar:

  1. wah, mulai sekarang, diet kantong plastik, ya

    BalasHapus
  2. wah Sido muncul sangat peduli lingkungan ternyata


    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.