Jero Wacik Di Mata Tokoh: Optimisme dan Mudah Beradaptasi



Seseorang diangkat menjadi seorang menteri tentunya memiliki rekam jejak positif sehingga bisa mengemban tugas sebagai pembantu presiden. Begitu pula dengan Jero Wacik yang mengemba tugas sebagai menteri dalam dua periode pemerintahan. Selama beliau menjabat sebagai menteri, ternyata beliau dinilai memiliki kepribadian positif sehingga layak mengemban tugas berat sebagai pembantu presiden. Banyak hal positif yang dimiliki oleh seorang Jero Wacik, di antaranya sikapnya yang selalu optimis. 

Jero Wacik dikenal sebagai pribadi yang suka tersenyum. Menurut Presiden Jokowi yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI, Jero Wacik yang suka tersenyum menandakan optimism dalam hidupnya yang tinggi. Hal tersebut terbukti sekarang, walaupun dirinya harus berada di balik sel, Jero Wacik tidak kehilangan optimism dalam hidupnya. Bahkan, Jero Wacik tetap optimis dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia walaupun masih berada dalam tahanan.Bagi Jero Wacik, keberadaannya saat ini di LP Cipinang merupakan bagian dari hidupnya. Sehingga Jero Wacik menyebutkan bahwa LP Cipinang merupakan salah satu almamater yang tidak akan pernah dia lupakan. 

Suka tersenyum dan ceria merupakan ciri khas Jero Wacik. Di balik sikap cerianya, Jero Wacik seorang pekerja keras yang bekerja tanpa ada kepentingan apa pun. Menurut Jokowi, Jero Waciklah yang merukunkan raja Keraton Solo sehingga tercipta kerukunan di sana sampai sekarang.

Jero Wacik dikenal sebagai pribadi yang sederhana. Bahkan, setiap berkunjung ke Solo untuk urusan dinas, Jero Wacik tidak segan makan di rumah makan kecil. Jokowi yang saat itu masih menjabat sebagai walikota Solo sering menemaninya berbincang di sana.

Siapa saja bila bertemu dengan Pak Jero Wacik, pasti terkesan dengan senyum, tawa, dan candanya. Seolah-olah tidak ada persoalan yang sulit, semua bisa dipecahkan. Ide segar selalu muncul dari tawa dan candanya itu. Sehingga persoalan jadi gampang karena solusi yang ditawarkan melalui sapa. Siapa saja diaja bicara untuk kebaikan bersama. Hal itu diungkapkan oleh H.Soekarwo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur.

 credit foto: www.antaranews.com

Menurut H.Soekarwo, Jero Wacik merupakan sosk yang mudah beradaptasi, baik dengan lingkungannya maupun tantangan yang dihadapinya. Kemampuannya beradaptasi mampu merangkul berbagai kalangan sehingga Pak Jero Wacik memiliki banyak teman. Dalam setiap kesempatan, Pak Jero Wacik selalu tersenyum dan menyapa siapa saja yang ada di sekitarnya. Saya pun menyaksikan hal tersebut saat berkunjung ke LP Cipinang untuk menjenguknya. Pak Jero Wacik dengan ramah menyambut saya dan teman-teman yang berkesempatan untuk mengunjunginya. Bahkan, walaupun berada di dalam tahanan, Pak Jero Wacik dapat beradaptasi dengan baik dengan sesame penghuni sel. Bahkan, beliau sering dimintai nasihat dan motivasi bagi para penghuni tahanan. 

Kemampuannya dalam beradaptasi itulah yang membuatnya sukses dalam menjalankan tugas-tugasnya di Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia. Pada saat berbincang, Pak Jero Wacik memiliki ide dan pandangan yang segar untuk memajukan pariwisata Indonesia. Banyak pandangannya yang dapat dijadikan pedoman untuk mengembangkan Pariwisata Indonesia. Dalam upayanya menggerakkan mesin industry jasa pariwisata, Pak jero Wacik berkomitmen tidak mengesampingkan kebudayaan dalam program kerjanya. Tidak hanya menjalankan pariwisata sesuai dengan pemikirannya, beliau ikut melibatkan para budayawan dan pelaku pariwisata yangselama ini banyak berkiprah.

Oleh karena it, pantasnya saja banyak prestasi yang sudah ditorehkan oleh Pak Jero Wacik selama mengemban tugasnya sebagai Mentri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia. Beberapa sikap hidup yang sudah dilakukan oleh Pak Jero Wacik bisa menjadi pembelajaran penting bagi generasi muda untuk bisa optimisme dalam menghadapi berbagai tantangan yang harus dilalui.

Sumber:
Linggih, ketut Suardhana. Jero Wacik Testimoni 100 Tokoh. 2013. Bekasi: Penerbit Ganeca.

Jero Wacik Di Mata Tokoh: Optimisme dan Mudah Beradaptasi Jero Wacik Di Mata Tokoh:  Optimisme dan Mudah Beradaptasi Reviewed by Fauzi Nurhasan on 02.45 Rating: 5

4 komentar:

  1. kenal sosok Pak Jero wacik, karena baca koran sih, tapi masih belum kenal banyak tentang pribadinya, makasih ulasannya :)

    BalasHapus
  2. NICE ARTIKEL, salam blogger :)

    silahkan kunjungan balik ke http://pusatgameplaystation.blogspot.com :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.