Kampanye Tupperware Hari Bawa Bekal Nasional Bagian dari Dukungan Indonesia Bebas Sampah 2020





Kampanye Tupperware Hari Bawa Bekal Nasional Bagian dari  Dukungan Indonesia Bebas Sampah 2020.
Setiap melihat produk Tupperware selalu ingat sama ibu yang hobi koleksi produk Tupperware. Ibu sering banget masukin bekal makanan menggunakan tempat makan Tupperware. Kalau saya sih senang-senang aja dibekali makanan sama ibu. Lumayan khan kalau lagi kerja terus perut keruyukan nggak usah keluarin uang buat jajan Hehehe.

Kebetulang saya baru tiba di Jakarta selepas turun dari penerbangan Bali-Jakarta. Eeeh, kok ada acara yang menurut saya keren banget dan mengedukasi yaitu HARI BAWA BEKAL NASIONAL 2016. Pikiran saya langsung tertuju sama istri yang suka rajin bekalin makanan buat saya dan anak saya yang pertama. Hari itu, tepatnya tanggal 12 April 2016 ternyata merupakan puncak dari Kampanye TUPPERWARE BAWA BEKAL dalam rangkaian Ulang Tahun Tupperware Indonesia ke-25. Setelah sebelumnya, Tupperware melakukan kampanye ini sudah dimulai sejak bulan Februari .


Apa yang dilakukan Tupperware?
Pada puncak kampanye ini, Tupperware membagikan 2500 produk membawa bekal dari Tupperware. Tujuannya untuk mengedukasi  masyarakat agar gemar membawa bekal makanan. Kampanye dari Tupperware ini merupakan salah satu bentuk dukungan Tupperware terhadap program pemerintah yaitu gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020. Tentunya, lebih masyarakat yang membawa bekal dari rumah dengan menggunakan produk Tupperware maka akan semakin sedikit sampah yang dibawa jika jajan di luar. Membiasakan membawa bekal dari rumah mengurangi kebiasaan jajan yang akan menekan penggunaan botol minuman plastic dan kemasan plastik sekali pakai. Sampah kemasan plastik tersebut merupakan penyumbang terbesar permasalaha sampah di Indonesia.

Event Kampanye TUPPERWARE BAWA BEKAL ini diadakan di lapangan Parkir Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. Pada saat saya tiba di lokasi, ternyata area sudah penuh dipadati pengunjung yang kebanyakan perempuan. Mereka sangat antusias mengikuti acara pembagian Tuperware gratis. Mobile Kitchen Tupperware sudah standby sejak pagi dan acara pun dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Selain di Sarinah, Tupperware juga mengadakan pembagian produk bekal kepada petugas kebersihan di sekitar MONAS, petugas Transjakarta (Thamrin-Sudirman), petugas kepolisian di 11 pos polisi di sepanjang Medan Merdeka Barat hingga Bundaran Senayan, Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri. Tidak hanya di sana, Tupperware juga menyasar para pegawai di Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI, dan Dina Perhubungan. Wah, kalau begitu akan semakin banyak para pegawai yang membawa bekal sendiri dari rumah untuk makanannya.


Ternyata, kampanye membawa bekal dan Hari Bawa Bekal Nasional sudah digagas oleh Tupperware Indonesia sejak tahun 2013. Tujuan dari kampanye ini agar masyarakat bisa hidup lebih sehat, hemat, dan ramah lingkungan. DIharapkan membawa bekal dari rumah bisa menjadi tren yang dilakukan oleh para pekerja dan anak-aank sekolah. Ini dia beberapa tujuan dari kampanye TUPPERWARE BAWA BEKAL.

·         Pola Hidup Sehat
Bekal hasil masakan sendiri akan terjamin kebersihan dan bahan makanan yang digunakan pun pastilah pilihan dengan pengolahan yang tepat pula, sehingga tidak kehilangan nutrisinya.
·         Hemat Uang & Waktu
Kebiasaan membawa bekal membuat Anda bisa jauh berhemat dalam segi finansial. Anda juga bisa berhemat waktu, Anda sudah tidak perlu lagi mengantri atau terjebak macet untuk membeli makan.
·         Mengurangi ‘Sampah Abadi’
Dengan membawa bekal dari rumah, otomatis kita mengurangi porsi jajan. Tentu saja kita akan mengurangi penggunaan Styrofoam ‘Sang Sampah Abadi’, kantong plastik, dan gelas/botol minum plastik sekali pakai.

“Kami berharap masyarakat terdorong membiasakan membawa bekal dari rumah dengan wadah yang aman (food grade). Kampanye ini juga bentuk dukungan kami terhadap program Pemerintah yakni bebas sampah di tahun 2020. Karena dengan membawa bekal tentu saja akan mengurangi kebiasaan jajan dan otomatis menekan penggunaan kemasan makanan/minuman sekali pakai yang merupakan salah-satu penyumbang terbesar permasalahan sampah di Indonesia. Selain itu, Bawa bekal bisa membuat kita hemat dan lebih sehat,” ungkap Nurlaila Hidayaty, Marketing Director Tupperware Indonesia

Rupanya, Kampanye ini sudah digaungkan melalui media sosial sejak bulan Februari 2016 dan mendapat banyak dukungan dari masyarakat. Melalui Instagram, facebook, dan Twitter, Tupperware mengajak masyarakat untuk membiasakan membawa bekal dan memposting bekal favoritnya di akun media sosial. Hastag yang digunakan saat memposting bekal makanan yaitu #tupperwarebawabekal dan #bekalitubaik.
Usaha tersebut mendapat respon yang sangat baik dari para netizen. Buktinya, lebih dari 100.000 postingan di media sosial sebagai bukti dukungan dan partisipasi masyarakat terhadap kampanye #tupperwarebawabekal. Gerakan ini bisa menjadi Digital Movement yang dapat menggerakan para netizen untuk ikut serta dalam pola hidup sehat dengan membawa bawa bekal dari rumah. 


Selain melalui media sosial, kampanye secara offline pun dilakukan dengan menggunakan Mobile Kitchen. Mobil ini berkeliling ke 20 titik kawasan Jabodetabek dan mendatangi perumahan, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Para konsumen dapat lho mencoba produk-produk Tupperware untuk bawa bekal. Bahkan, para petugas Tuppeware melakukan peragaan penggunaan produk Tupperware yang mudah dan higienis.            

Kampanye ini akan terus belanjut dengan mendatangi 140 sekolah se-Jabodetabek, untuk menumbuhkan kebiasaan membawa bekal  sejak dini melalui program Tupperware “Aku Anak Sehat”. Dalam program tersebut juga diselenggarakan seminar parenting bertema “Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Membawa Bekal ke Sekolah” di 10 Sekolah Dasar terpilih di Jakarta. Seminar ini menghadirkan pakar psikologi anak dan pakar nutrisi.


Wah, kampanye yang paripurna, tidak hanya mengedukasi anak-anak untuk membawa bekal dari rumah juga memberikan banyak pengetahuan bagi anak-anak sekolah. Saya sih mendukung ya kampanye seperti ini karena banyak sekali manfaatnya untuk keluarga-keluarga di Indonesia. Pastinya, istri saya pun akan semakin rajin bawain bekal makanan untuk saya dan anak-anak.
Kampanye Tupperware Hari Bawa Bekal Nasional Bagian dari Dukungan Indonesia Bebas Sampah 2020 Kampanye Tupperware Hari Bawa Bekal Nasional Bagian dari  Dukungan Indonesia Bebas Sampah 2020 Reviewed by Fauzi Nurhasan on 00.07 Rating: 5

10 komentar:

  1. Saya sudah bawa bekal sebelum ada kampanye ini, lho ^_^

    BalasHapus
  2. Wah luar biasa mas Koko Nata, saya malahan yang gak pernah bawa bekal,hehehe
    Jd termotivasi untuk bawa bekal

    BalasHapus
  3. Saya udah membiasakan anak-anak bawa bekal sejak kecil. Hingga mereka besar pun, yg sulung udah semester 4 tetap bawa bekal. Suami juga pernah bawa bekal, biasanya kalo tempat kerjanya sulit nyari makan siang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ibu Hidayah Sulistyowati hebat sudah memberikan pendidikan kepada anak-anak, yaitu membiasakan membawa bekal dari rumah.
      Semoga saya bisa memperaktekannya kepada anak-anak saya

      Hapus
    2. Wah ibu Hidayah Sulistyowati hebat sudah memberikan pendidikan kepada anak-anak, yaitu membiasakan membawa bekal dari rumah.
      Semoga saya bisa memperaktekannya kepada anak-anak saya

      Hapus
  4. Pas acara tupperware saya juga ke Sarinah utk acara lain
    jadi ga ikut antre
    salam sehat dan semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo iya, sayang banget yah gak ikut antri, hehehe
      Padahal masih sisa banyak

      Hapus
  5. aih kamu ada gratisan gini kok gak ajak-ajak aku sih ... hahahhahhahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, bisa aja
      Ini aku infonya mendadak pas pulang dari bandara lg di bis damri lihat di twitter

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.