Pesan Peduli Lingkungan dalam Peluncuran Iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang Kedua



 Lagu Tanah Airku dan Indonesia Tanah Air Beta mengalun indah seakan membius para hadirin yang dengan khidmat hadir pada acara Peluncuran Iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang kedua. Pilihan kedua lagu tersebut sungguh tepat pada acara pembukaan sehingga menggugah rasa kecintaan para hadirin terhadap negeri ini. Kecintaan itu terejawantahkan oleh terlaksananya acara ini yang diprakarsai oleh PT Sidomuncul Tbk.   

Acara peluncuran iklan ini merupakan kelanjutan dari peluncuran iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup mengenai diet kantong plastik. Bisa dibaca di sini. Pada iklan pertama dan kedua, Tantri Kotak didaulat untuk menjadi bintang iklannya.

Dalam peluncuran iklan Tolak Linu Versi Lingkungan Hidup yang kedua ini dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup, Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar, M.SC, Walikota Jakarta Selatan, Bapak Tri Kurniadi, Presiden Direktur PT Sidomuncul Tbk. Bapak Irwan Hidayat, Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Ir.Tuti Hendrawati Mintarsih, MPPPM, Staf Ahli Kementrian Lingkungan Hidup, Ir.Ilyas Asaad,MP.,M.H, Kepala Dinas Kebersihan Jakarta, Isnawa Adji, dan para pejabat esselon 2. Acara ini diselenggarakan di Lapangan Bola Haji Naim, Cipete Utara, Jakarta Selatan, pada 12 April 2016. 

Peluncuran iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang kedua ini merupakan bentuk partisipasi PT.Sidomuncul Tbk. selaku produsen produk-produk kesehatan. Pak Irwan, selaku Presdir PT.Sidomuncul Tbk. sadar betul bahwa masalah lingkungan hidup ini merupakan masalah bersama yang mesti ditanggulangi bersama. Tugas masyarakatlah untuk membantu pemerintah menanggulangi masalah ini.

“Ada 200.000 ton sampah di Indonesia dan 15%-nya atau sekitar 30.000 tonnya adalah sampah plastik. Sementara itu hanya1/3-nya yang bisa didaur ulang,” ucap Pak Irwan Hidayat dalam sambutannya.
Melalui iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang kedua ini, Pak Irwan ingin memperlihatkan kepada masyarakat ini lho faktanya bahwa ada masalah serius berupa sampah yang berjumlah 200.000 ton. Setelah mengetahui fakta tersebut diharapkan masyarakat menjadi sadar dan peduli terhadap masalah lingkungan hidup. Setelah memperlihatkan fakta yang ada, melalui iklan ini juga, PT.Sidomuncul memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengelola sampah dengan baik. Caranya yaitu dengan melakukan pemilahan sampah. Sebelum dibuang, sebaiknya sampah dipilah terlebih dahulu, sampah plastik seperti bekas botol minuman, kemasan makanan dan lain-lain dijadikan satu dan dipisahkan dengan sampah basah. Dengan dilakukan pemilahan tersebut, para pemulung menjadi terbantu dan meningkatkan ekonomi para pemulung.

Langkah yang sudah dilakukan Pak Irwan di lingkungannya yaitu dengan memilah sampah di rumahnya. Lalu di rumahnya terdapat tulisan “RUMAH PEDULI LINGKUNGAN”. Hal tersebut sudah ditularkan kepada masyarakat sekitar tempat tinggalnya, baik tingkat RT maupun RW.

Ibu iIti Nurbaya, selaku Menteri Lingkungan Hidup sangat mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan oleh PT Sidomuncul Tbk. Melalui kampanye lingkungan hidup dalam iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang kedua, PT Sidomuncul Tbk. sudah menunjukkan partisipasinya dalam masalah lingkungan hidup.
“Ucapan terima kasih dan penghargaan tinggi atas prakarsa masyarakat yang sudah melakukan kampanye publik tentang masalah lingkungan hidup,” ucap Dr.Ir.Siti Nurbaya, M.SC.

Ibu Mentri menjelaskan bahwa pemerintah saat ini sedang menyusun program yang majemuk mengenai masalah lingkungan hidup. Tidak hanya mengenai diet kantong plastik juga bagaimana agar plasti bisa memiliki nilai ekonomi tinggi. Salah satunya adalah proyek yang digagas oleh Bapak Presiden mengenai sampah menjadi energi listrik. 

Ibu Mentri juga sangat mengapresiasi kampanye pemilahan sampah yang dilakukan oleh PT Sidomuncul Tbk. Ibu Siti Nurbaya menuturkan bahwa ada tiga manfaat jika dilakukan pemilahan sampah, yaitu.
1.       Sampah menjadi lebih bermanfaat secara ekonomi
2.       Lingkungan menjadi bersih
3.       Ekonomi rakyat meningkat atau meningkatkan pendapatan para pemulung.


Pada acara peluncuran iklan Tolak Linu Herbal Versi  Lingkungan Hidup yang kedua ini, secara simbolis Pak Irwan selaku Presdir PT Sidomuncul Tbk, menyerahkan gerobak sampah. Rencananya PT Sidomuncul Tbk. akan menyerahkan sumbangan gerobak sampah kepada masyarakat. Pak Irwan Hidayat juga menyerahkan cindera mata kepada Ibu Mentri, Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar, M.SC.

“Cindera mata ini terbuat dari kemasan plastik produk Sidomuncul Tbk. Pihak perusahaan mengajarkan keterampilan kepada masyarakat sekitar pabrik untuk membuat tas, kantong, dan cindera mata lainnya dari sisa kemasan plastik produk PT. Sidomuncul Tbk.” ucap Pak Irwan saat menyerahkan cindera mata tersebut.

Dengan motto “Mencari nafkah sambil membantu memelihara lingkungan, Ayo Peduli Lingkungan”, iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang kedua ingin mengajak masyarakat untuk turut serta berpartisipasi menjaga lingkungan. Caranya dengan melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Dengan dilakukan pemilahan tersebut, selain dapat menjaga lingkungan juga sampah menjadi memiliki nilai ekonomi tinggi.

Rencananya, kampanye”Ayo Peduli Lingkungan Hidup akan diadakan di kota-kota besar lainnya. Hal itu dilakukan agar pesan peduli lingkungan dapat sampai kepada masyarakat. Selain itu, kota-kota besar di Indonesia merupakan penyumbang terbanyak sampah. Oleh karena itu, kampanye tersebut akan terus dilaksanakan agar masyarakat dapat turut serta berpartisipasi.
Jika bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga lingkungan hidup. “Ayo Peduli Lingkungan” isi pesan iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang kedua.

Pesan Peduli Lingkungan dalam Peluncuran Iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang Kedua Pesan Peduli Lingkungan dalam Peluncuran Iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang Kedua Reviewed by Fauzi Nurhasan on 08.38 Rating: 5

81 komentar:

  1. mudah2an lebih banyak perusahaan ayng peduli lingkungan tapi bukan hanay slogan saja tapi tindakan nyata

    BalasHapus
  2. Aamiiin, semoga apa yang dilakukan PT Sido Muncul tbk bs menginspirasi perusahaan lain, karena menurut Pak Irwan Hidayat kalau pengusaha itu tidak peduli lingkungan, berarti dia tidak peduli sama konsumen,

    BalasHapus
  3. Semoga PT Sido Muncul bisa membuat event - event yang lebih seru dan lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat. . .

    BalasHapus
  4. PT Sido muncul is the best dah :v .
    walaupun banyak orang yang tidak menghargai dia ,
    tapi dia bisa buktiin bahwa PT Sido muncul selalu membantu rakyat indonesia :)

    BalasHapus
  5. wah bagus, sudah termasuk program CSR ny y masbro...

    BalasHapus
  6. Tolak linu emang top manjur untuk mengobati pegal linu

    BalasHapus
  7. respect terhadap pt sidumuncul karna ini adalah salah satu program untuk mengurangi global warming sekaligus sosialisasi terhadap masyarakat.:)

    BalasHapus
  8. Tolak linu .... yang biasa diminum Ayah saya nih .

    BalasHapus
  9. Sido muncul ternyata peduli sekali ya sama pemulung

    BalasHapus
  10. Sidomuncul gak cuma peduli kesehatan kita yah.. tapi juga peduli dengan lingkungan....

    patut jd contoh untuk para pengusaha lain :)

    BalasHapus
  11. Sosok Pak Irwan Hidayat adalah latar belakang mengapa saya menyuka produk-produk perusahaan beliau, dan kiprah-kiprah beliau untuk masyarakat dan lingkungan. Salah satu sosok enterpreneur panutan saya :)

    BalasHapus
  12. Yups,,, mari kita ramai ramai peduli lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senuanya itu hrs dimulai dari diri kita,
      Terima kasih

      Hapus
  13. Jarang ada perusahaan yang begitu peduli dengan lingkuangan,taunya asal untuk aja.

    BalasHapus
  14. PT Sidomuncul Tbk dari dulu slalu menyelenggarakan event" kepedulian lingkungan bermasyarakat, meskipun hanya di tempat-tempat tertentu namun sudah cukup membangun motivasi masyarakat untuk ikut serta dalam bersosialisasi dan mempedulikan lingkungan umumj. Btw, kapan nih nongol di manado?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjubg, semoga dikesempatan lain bisa ada di kota nanado

      Hapus
  15. Menurut saya, semoga banyak perusahaan yang lebih memperdulikan lingkungan siperti PT.sido muncul ini, dalam rangka Pesan Peduli Lingkungan dalam Peluncuran Iklan Tolak Linu Herbal Versi Lingkungan Hidup yang Kedua

    BalasHapus
  16. Patut di tiru untuk semua perusahaan, yang menurut saya banyak perusahaan yang malah mencemari lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daei dulu Sido Muncul selalu peduli lingkungan, terima kasih

      Hapus
  17. Dua jempol deh buat PT Sidomuncul, semoga apa yang dilakukan pT Sidomuncul dapat menjadi cerminan perusahaan-perusahaan lain. Amin

    BalasHapus
  18. nice post. salut ama PT.Sidomuncul

    BalasHapus
  19. biar gak gampang masuk angine

    BalasHapus
  20. Produk pun skarang juga mulai banyak yg peduli lingkungan ya. Semiga ke depan makin banyak lagi..

    BalasHapus
  21. Produk pun skarang juga mulai banyak yg peduli lingkungan ya. Semiga ke depan makin banyak lagi..

    BalasHapus
  22. Kalau masyarakat sudah peduli lingkungan akhirnya sampah jauh dari penglihatan. Mudah-mudahan dengan gencarnya iklan seperti ini bisa menyadarkan masyarakat indonesia akan kebersihan.

    BalasHapus
  23. wah sangat bermanfaat untuk mendukung lingkungan bersih kedepannya

    BalasHapus
  24. mantap gan :D mari sama-sama peduli lingkungan disekitar kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kita sama-sama mulai dari diri kita untuk #PeduliLingkungan, terima kasih

      Hapus
  25. mari kita dukung program peduli lingkungan supaya negara kita dapat terhindar dari segala macam bencana alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kita sama-sama mulai dari diri kita untuk #PeduliLingkungan, terima kasih

      Hapus
  26. event yang dibuat seru itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kita sama-sama mulai dari diri kita untuk #PeduliLingkungan, terima kasih

      Hapus
  27. perusahaan yang kayak gini nih yang seharusnya ada di Indonesia. good job PT Sidomuncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kita sama-sama mulai dari diri kita untuk #PeduliLingkungan, terima kasih

      Hapus
  28. Semoga semakin banyak perusahaan yg peduli dengan lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kita sama-sama mulai dari diri kita untuk #PeduliLingkungan, terima kasih

      Hapus
  29. NICE ARTIKEL, salam blogger :)

    silahkan kunjungan balik ke http://pusatgameplaystation.blogspot.com :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kita sama-sama mulai dari diri kita untuk #PeduliLingkungan, terima kasih

      Hapus
  30. Semoga semakin banyak perusahaan yang peduli lingkungan ya. Kalau perusahaan saja peduli lingkunga, kita juga wajib peduli ya. Ga usah jauh-jauh, kita lakukan kepedulian dengan lingkungan sendiri, salah satunya buang sampah pada tempatnya.

    BalasHapus
  31. Cakep,...semoga makin banyak perusahaan yang peduli lingkungan.

    BalasHapus
  32. Salah satu wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.. Semoga diikuti yang lainnya.. :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.