Inspirato: Inpisrasi dari 3 Tokoh Inspirator





Bersama Sano, CEO GreenerationID

Saya termasuk orang yang suka dengan  acara-acara inspirasi tokoh. Dari merekalah, saya belajar sesuatu yang baru. Bahkan, saat merasa lelah dengan dengan berbagai hal, para inspirator itu sering membangkitkan semangat saya. Mereka bisa berkarya kenapa saya, tidak.Oleh karena itu, saya sangat senang saat mendapat undangan untuk hadir di acara Inspirato Liputan6.com, SCTV. Bersama para blogger lainnya, saya berkesempatan hadir langsung di studio SCTV yang berada di Lantai 8 Gedung SCTV Tower Senayan. Inspirato, acara Liputan6.com kali ini dihadiri tiga narasumber yang isnpiratif yaitu M.Fajrin RAsyad, C0-Founder Bukalapak, Deborah Dewi, Graphologist Indonesia, dan M.Bijaksana Junerosano, CEO GreenerationID.

Walaupun otak masih terasa macet setelah mengikuti tes UKBI yang bikin kepala puyeng, saya langsung meluncur ke Gedung SCTV. Ternyata acara sudah dimulai, alhamdulillah masih bisa masuk ke studio. Saat saya masuk, mba Deborah Dewi, seorang yang menceritakan kisahnya. Mba Debo dikenal sebagai Grapholog dan sudah lama mendalami bidang ini. Sebelum menjalani bidang ini, Mba Debo merupakan seorang yang sukses dalam kariernya. Lalu, ujian itu datang melalui sakit yang diderita oleh ibunya. Ibunya divonis menderita Alzheimer, sebuah penyakit langka yang membuat penderita bisa lupa segalanya. Saya pernah menonton film A Walk to Remember, film yang bercerita tentang seseorang yang mengidap Azheimer, dan memang penyakit itu membuat si penderita sakit lupa segalanya, bahkan lupa dengan pasangannya. Pasti Mba Debo pun sangat sedih dengan kondisi ibunya tersebut.



Sebagai seorang graphologist, Mba Debo belajar mengenai banyak hal. Melalui tulisan tangan, Mba Debo bisa memahami manusia bahkan memahami dirinya sendiri. Saat dia menulis dengan tulisan tangan dan melihat ada ‘sesuatu’ dalam tulisannya, Mba Debo sadar bahwa sudah saatnya bagi dirinya untuk meminta bantuan. Kesadaran seperti itu sangat penting karena tidak semua orang sadar bahwa dirinya memerlukan bantuan sehingga memaksakan sesuatu di luar kemampuannya.
Tokoh inspirasi selanjutnya adalah Mas Sano. Bagi saya, Mas Sano, seorang tokoh muda yang inspiratif dan memikirkan permasalahan sosial di negara kita. Sampah merupakan masalah besar negara ini, setiap hari, kita menghasilkan sampah yang jumlahnya sangat banyak. Namun, kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik masih sangat kurang. Siapa yang menyangka, ide untuk mengelola sampah ini sudah dipikirkan oleh Sano sejak duduk di bangku SMU. Saat sedang bingung memilih bangku kuliah, Sano melihat berita mengenai sampah. Dia pun istikharah dan akhirnya memutuskan kuliah di Teknik Lingkungan, ITB. Bahkan, tugas akhirnya pun idenya mengenai pengelolaan sampah, sayangnya idenya tersebut ditolak oleh dosen.

Apakah penolakan itu membuat Sano mundur? Dengan gayanya yang kocak, Sano bercerita bahwa dia tidak putus harapan dan mendirikan GreenerationID bersama teman-temannya yang memiliki visi yang sama. Jika sekarang, diet kantong plastik menjadi program pemerintah, ternyata ide tersebut sudah digagas oleh Sano sejak lama. Oleh karena itu, Sano sangat senang, ide dan gagasannya sekarang diterapkan pada masyarakat.

Sano ingin menyadarkan masyarakat betapa permasalahan sampah itu bukanlah permasalahan yang sepele. Dengan mengelola sampah sejak dari rumah, kita sudah membantu para tukang sampah agar tidak harus bekerja ekstra memilah sampah. Sano pernah menggunakan kostum kantong plastik dan merasakan betapa panas tubuhnya yang dibungkus kostum tersebut. Lalu bagaimana dengan bumi kita? Tentu merasakan hal yang sama. Setiap hari bumi semakin panas karena ulah kita yang sembarangan dalam mengelola sampah dan menggunakan plastik.

Menurut saya, cara Inspirato Liputan6.com ini sangatlah menginspirasi. Selain karena mendatangkan para tokoh muda yang berprestasi dan mengispirasi, acara ini dikemas dengan gaya ringan khas anak muda. Oleh karena itu, penontonnya pun kebanyakan para mahasiswa yang memang ingin belajar banyak dari acara ini. Setiap akhir sesi, host cantik akan mengajak para hadirin untuk photo bareng dengan tokoh. Hehehe …jadilah welfie di studio.
Inspirato: Inpisrasi dari 3 Tokoh Inspirator Inspirato: Inpisrasi dari 3 Tokoh Inspirator Reviewed by Fauzi Nurhasan on 01.07 Rating: 5

4 komentar:

  1. Balasan
    1. betul sekali, krn banyak menginspirasi orang

      Hapus
  2. Hore, terimakasih sudah datang ke acara kantorku. Hahaha

    Mbak Debo memang the best. Ngobrol sama dia nggak bisa cuma sejam, pasti lebih. Random, tau2 ngebahas tulisan tangan dan lain2.

    Kalau ada acara lagi hadir ya, Mas :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang acaranya keren dan penuh inspiratif

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.