Aplikasi Prosehat: Cara Mudah untuk Menebus Resep Obat




Apa yang akan Anda lakukan jika Anda lupa menebus resep doktek? Lalu, Anda baru ingat saat tengah malam? Mau pergi ke luar pun apotek sudah tutup? Atau bisa jadi Anda sangat sibuk sehingga tidak ada waktu untuk pergi ke apotek untuk menebus obat.

Jangan khawatir, sekarang sudah ada aplikasi Prosehat, sebuah aplikasi mengenai pemasaran produk farmasi. Aplikasi ini dibuat oleh dr. Gregorius Bimantoro atau biasa disebut dr. Bimo. Pada mulanya, dr. Bimo merasa gelisah karena ternyata masih banyak orang Indonesia yang sulit mendapatlan pengetahuan seputar kesehatan danobat-obatan. Lalu, dr. Bimo pun membuat website yang bisa memberikan informasi mengenai kesehatan kepada masyarakat dengan sumber-sumber yang bisa dipercaya, bahkan dikelola oleh para dokter ahli. Website ini adalah tanyado.com, yang sudah memberikan banyak informasi mengenai dunia kesehatan kepada masyarakat.

Lalu, dr.Bimo pun mendapatkan ide untuk membuat aplikasi Prosehat karena selama ini masyarakat umum masih minim pengetahuannya mengenai obat. Bahkan, jika akan menebus obat harus berdasarkan resep dokter. Dengan aplikasi Prosehat, siapa pun bisa menebus resep dokter dan membeli obat, vitamin, dan suplemen kesehatan. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja di mana saja karena semuanya sudah tersedia di aplikasi yang sudah diunduh di gadget kita. Prosehat bekerja sama dengan berbagai apotek lokal dan resmi yang tersebar di berbagai lokasi terutama Jakarta. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa menebus obat tanpa harus pergi ke apotek. Cukup dengan memesan lewat aplikasi Prosehat lalu membayarnya dengan cara transfer bank maupun cash-on-delivery (COD) khusus area Jakarta, lalu tinggal duduk manis menunggu obat diantar dari apotek resmi. Prosehat sendiri sudah melayani pemesanan dari seluruh penjuru Nusantara.

Prosehat dikembangkan tidak hanya oleg dr.Bimo tapi juga bersama rekan-rekannya sesame dokter yang selama ini sudah menjalankan website tanyadok.com, yaitu dr.Agnes dan dr. Wiguno. Para dokter muda ini menemukan bahwa ada 4 masalah pentig yang kerap ditemukan masyarakat dalam mengakses layanan obat yaitu di antaranya:
1.       Antrean obat yang lama dan tidak jelas prosesnya dalam menebus obat resep,
2.       Stok obat yang tidak tersedia baik akibat produksi pabrik obat maupun distribusinya
3.       Lupa beli obat resep yang harus rutin ditebus, terutama bagi penderita penyakit kronis
4.       Kesadaran kosnumen akan pentingnya memahami informasi dan keamanan obat, belum lagi ketidaktahuan harga obat.

Berdasarkan keempat hal tersebutlah, para dokter muda ini mengembangkan aplikasi Prosehat dengan tujuan agar dapat membantu banyak keluarga Indonesia untuk dapat membeli obat bebas dan menebus obat rutin dengna mudah dan hemat.

Aplikasi Prosehat sudah dirilis sejak tanggal 10 November 2015 di acara konferensi “Tech in Asia” Jakarta.  Semenjak diluncurkannya, aplikasi ini sudah mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat banyak. Sehingga Prosehat pun berhasil menjadi pemenang Seedstars World 2015 dan mewakili Indonesia dan sekitarnya berkompetisi di Swiss pada Maret tahun ini. Wos, sebuah prestasi luar biasa, bukan?
Lalu bagaimana dengan fitur-fiturnya?

Aplikasi Prosehat memiliki fitur utama untuk kirim resep. Cara melakukannya cukup mudah, tinggal melakukan hal-hal berikut ini.

1.       Langsung kirim foto atau unggah resep dokter dari galeri foto di ponsel pintar. Jangan lupa menuliskan diagnosis dokter atau keluhan yang dirasakan untuk memudahlan proses verifikasi resep.
2.       Lanjutkan proses pemesanan dengan mengisi detail pengiriman dan pasien. Di sini mungkin Anda perlu daftar menjadi anggota untuk mendapatkan fasilitas pemantauan pesanan.
3.       Ikuti perjalanan pesanan Anda dari menu Pemesanan untuk melihat verifikasi resep dari apoteker, ketersediaan stok, sampai kepada pengiriman produk ke lokasi Anda.

Wah, dengan adanya aplikasi Prosehat tentunya akan memudahkan siapa pun untuk bisa menebus obat, tanpa harus keluar rumah dalam keadaan sakit.
Aplikasi Prosehat: Cara Mudah untuk Menebus Resep Obat Aplikasi Prosehat: Cara Mudah untuk Menebus Resep Obat Reviewed by Fauzi Nurhasan on 01.43 Rating: 5

2 komentar:

  1. Keren ya, tinggal duduk manis sambil ngopi di rumah ehhh..obat udah nyampe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya, aplikasi prosehat ini bisa memudahkan kita untuk mendapatkan obat.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.