BRIsat Kebanggan Kami Kebanggan Indonesia




Indonesia merupakan negara kepulauan. Sehingga untuk mencapai satu daerah kadangkala terkendala masalah transportasi. Apalagi cuaca yang kurang baik seringkali menghambat teknologi komunikasi. Hal tersebut tentunya merupakan masalah besar bagi dunia perbankan yang memerlukan kecepatan dan ketepatan data. Bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan tentunya tidak akan terlalu terasa tapi bagi bagaimana dengan saudara-saudara kita yang tinggal di pulau jauh. Oleh karena itu, saya sangat setuju saat membaca sebuah artikel yang memberitakan bahwa BRI akan membeli dan meluncurkan satelit. Berita itu pun lama-lama terlupakan dan tergantikan dengan berita-berita politik yang lebih panas.


Saya dan Peluncuran BRIsat

Tidak pernah menyangka sedikit pun saya akan mendapat kesempatan menyaksikan peluncuran BRISat. Bersama 30 blogger, saya diundang oleh Detik untuk nobar acara peluncuran satelit milik BRI tersebut. Waaah, terbayang suka citanya kami bisa menjadi bagian dari peluncuran tersebut. Saya pun berkesempatan memberikan kuis berhadiah di twitter. Heheheh … lumayan banget hadianya uang Rp 250.000,00.
Saya pun menunggu jadwal nobar dengan perasaan senang. Sayangnya, jadwal diundur karena ada permasalahan teknis. Akhirnya, saya pun mendapat informasi bahwa acara nobar dipastikan tanggal 18 Juni, dini hari, sekalian sahur bersama. Yo … saya pun semangat dan datang di tempat kumpulnya yaitu kantor Detik. Beberapa blogger sudah hadir dan menunggu jadwal keberangkatan yaitu pukul 01.00 dini hari. Hujan rintik-rintik menemani kami yang asyik bercerita mengenai peluncuran ini.

Pukul 01.00 wib, kami pun diberangkatkan menuju Discovery Hotel, tempat kami nobar. Di sana sudah disediakan ruangan di lantai tiga untuk kami para blogger nobar. Layar putih sudah dipasang dan menampilkan live streaming di brisat.detik.com. Kami pun para blogger tidak ketinggalan memberi tahu dunia mengenai peluncuran ini melalui akun media sosial masing-masing dengan hastag #BRIsatMeluncur. Hastag tersebut pun berhasil menjadi trending topic di twitter.

Kami pun menyantap hidangan sahur sambil menanti acara peluncuran. Namun, saat menjelang azan Subuh trdengan pengumuman bahwa peluncuran BRIsat kembali ditunda. Rasa exciting kami buyar sudah. Namun, rasa penasaran kami tidak pupus apalagi setelah mendapat kepastian kapan peluncuran satelit pertama yang dimiliki oleh BRI tersebut. Tanggal 19 Juni 2016 dipastikan BRIsat akan diluncurkan.  Saya pun bersiap di rumah untuk menanti peluncuran tersebut. Menjelang waktu sahur yaitu sekitar pukul 03.00 dini hari, saya standby di depan televisi. Saya pun begitu terharu saat menyaksikan satelit ini berhasil meluncur dengan mulus. Kabar itu pun menggema di dunia maya membuat kami gegap gempita denan kegembiraan. Akhirnya, Indonesia kembali memiliki satelit setelag satelit Palapa milik Indosat dijual ke pihak asing.


BRIsat merupakan satelit yang akan bekerja optimal melejitkan BRI sebagai bank yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah BRI yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. BRIsat meluncur dengan menggunkaan roket Ariane 5 milik perusaaan Arianespace di Kuorou, French Guiana. BRIsat berhasil diluncurkan pada pukul 18.38 waktu Kuorou.

Lokasi tempat peluncuran BRIsat
BRIsat sebagai satelit pertama milik Bank 
 

Pembelian satelit oleh BRI merupakan langkah konkret yang dilakukan BRI untuk meningkatkan pelayanannya terhadap nasabah. Langkah yang belum dilakukan oleh bank mana pun di dunia sehingga BRI merupakan bank pertama yang memiliki dan menggunakan satelit. Hal itu bukan tanpa tujuan, tentu karena adanya kebutuhan yang bersifat mendesak yaitu kebutuhan teknologi mobile yang bisa difasilitasi dengan sarana komunikasi satelit.


BRIsat tidak hanya digunakan untuk kepentingan BRI tapi juga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah. Sehingga pemerintah pun bisa memiliki sarana komunikasi yang lebih aman dan terhindar dari penyadapan.
Saya sebagai warga Indonesia tentunya sangat mendukung langkah ini. Sudah saatnya Indonesia terus maju dan tidak kaklah bersaing dengan negara lain. Terutama dalam hal masalah teknologi informasi. 

Walaubagaimana pun negara-negara yang saat ini berkuasa di dunia sudah menguasai teknologi informasi yang canggih. Indonesia pun sudah sepantasnya memiliki dan memanfaatkannya untuk kemajuan rakyat.
Rasanya sangat tidak menyesal saya bisa mengikuti perkembangan berita peluncuran BRIsat berkat Detik. Dengan begitu, saya bisa melakukan langkah nyata untuk mendukung peluncuran tersebut, selain dengan doa tentunya dengan mengabarkan kepada seluruh lapisan masyarakat mengenai BRIsat. Dengan penuh kebanggaan, saya pun mengabarkan melalui media sosial mengenai peluncuran BRIsat bahwa Indonesia kembali memiliki satelit, lho. Indonesia siap lho bersaing di dunia internasional dengan menggunakan teknologi informasi.
BRIsat Kebanggan Kami Kebanggan Indonesia BRIsat Kebanggan Kami Kebanggan Indonesia Reviewed by Fauzi Nurhasan on 00.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.