Pertamax Turbo, Duet Antara Pertamina dan Lamborghini




Laki-laki dengan otomotif kayaknya sih sudah biasa. Begitu pun saat saya berkunjung ke Pameran Mobil Internasional GIIAS singkatan dari GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City pada 11 sampai 21 Agutus 2016. Saya mengunjungi pameran ini pada 13 Agustus 2016. Seperti sudah saya duga, pameran ini merupakan ajang para brand otomotif memperkenalkan produk-produk barunya bagi masyarakat Indonesia.

Jenis mobil terbaru memang menarik perhatian, terutama bagi saya yang memang lagi mencari mobil untuk dipakai istri mengantar jemput anak-anak sekolah. Tapi, yang menarik perhatian saya saat itu adalah peluncuran bbm terbaru dari Pertamina yaitu Pertamax Turbo. Wuiih, apalagi, nih? Bukankah sebelumnya Pertamina sudah punya produk bahan bakar berkualitas tinggi seperti Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Dex, dan Pertamax Racing. Lalu, pertanyaannya adalah produk apalagi yang diluncurkan Pertamina?
Pertamina kali ini meluncurkan produk terbarunya yaitu Pertamax Turbo yang pengembangannya agak berbeda dengan produk-produk Pertamina sebelumnya karena produk ini kolaborasi Pertamina dengan brand Lamborghini dan peluncurannya pertama di Eropa. Jadi, bahan bakar ini sudah beredar di pasar Eropa. Sementara untuk pasar Amerika dan Asia belum tersedia.

Produk Pertamax Turbo tentunya merupakan bahan berkualitas karena bisa lolos di pasar Eropa. Seperti kita tahu bahwa lolos uji standar Eropa itu sangat ketat. Kerennya lagi Pertamax Turbo ini digunakan di Lamborghini Blancpain Supertrofeop Series di Eropa. Bahkan, Peryamina menjadi technical partnernya Lamborghinia. Kelebihan dari Peramax Turbo yaitu memiliki RON (Research Octane) 98 dan dilengkapi IBF (Ignition Boost Formula) sehingga respon bahan bakar lebih tinggi terhadap kebutuhan pembakarannya. Wuih, kebayang mantepnya ya kalau sudah dipakai.

Dalam acara peluncurn Pertamax Turbo, hadir seorang pakar atau peneiti bahan bakar dari ITB yaitu Pak Yus, yang sudah menjadi peneliti baan bakar sejak tahun 1987. Menurut Pak Yus ada tiga kriteria bahan bakar disebut bajam bakar berkualitas yaitu durability atau tidak menimbulkan masalah, bernilai ekonomis alias hemat dan efisien dipakainya, serta performance yaitu membuat kerja mesin kendaraan menjadi lebih oke tentunya. Nah, Pertamax Turbo ini memenuhi semua kriteria, dengan RON 98 dan IBF membuat Pertamax Turbo berhasil mendapat nilai tertinggi di hampir semua indikator pengujian. Pertamax Turo merupakan bahan bakar ideal karena menghasilkan nilai emisi yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan produk bbm yang sudah ada di pasaran. Pertamax Turbo juga membuat kinerja mesin menjadi lebih tinggi.

Pertamax Turbo ini diujicobakan ke mobil mewah seperti Camry. Hasilnya membuat mesin Camry bekerja lebih baik padahal Camry hanya memiliki kompresi 9.8, masih lebih rendah daripada Avanza dan Agya. Oooh, baru tahu kalau teknologi Avanza lebih tinggi daripada Camry. Hehehe…
Ternyata mobil-mobil kdan motor keluaran tahun 2003 memiliki spesifikasi yang tidak cocok menggunakan bahan bakar premium. Penggunaan bahan bakar premium akan berefek jangka panjang yaitu membebani kinerja mesin. 

Harga Pertamax Turbo memang lebih tinggi daripada Pertamax Plus karna memang memiliki keunggulan yaitu nilai RON 98 dan IBF. Namun, ternyata selisihnya tidak begitu jauh, kok. Selisihnya hanya sekitar 150 rupiah. Ini daftar harga bbm Pertamina berkualitas bagus.

  • Pertamax Turbo 98 Rp8.700 per liter
  • Pertamax Plus 95 Rp 8.550 per liter
  • Pertamax 92 Rp 7.550 per liter
  • Pertamina Dex Rp 8.400 per liter
  • Pertalite Rp 7.300 per liter.
Pertamax Turbo diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan yang sudah dilengkapi teknologi tinggi sehingga membutuhkan bahan bakar berkualitas bagus untuk efisiensi mesin namun tetap ramah lingkungan.
Saya sendiri menyambut baik kehadiran produk terunggul dari Pertamina ini dan langsung mencobanya. Hasilnya, rasanya mesin kendaraan terasa enteng kerjanya. Hehehe …benar-benar sepandan antara harga dan kualitas. Selain itu, walaupun harganya mahal tapi pemakaiannya irit kok. Selain itu tentunya irit ke mesin kendaraan sehingga tidak mudah rusak karena kinerja mesin kendaraan tidak terbebani.
Pertamax Turbo, Duet Antara Pertamina dan Lamborghini Pertamax Turbo, Duet Antara Pertamina dan Lamborghini Reviewed by Fauzi Nurhasan on 01.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.