Program Kolaborasi Start Up Malaysia dan Indonesia bersama MaGIC





Pembentukkan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang efektif diberlakukan awal tahun 2016 merupakan akselerator bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mulai menoleh ke pasar regional/global. Setidaknya, pasar di kawasan ASEAN akan melebur menjadi satu. (Yuswohadi, 2015). Tentunya bukanlah hal yang aneh jika start up asal negara tetangga akan datang ke Indonesia untuk berkolaborasi atau untuk menjajagi pasar Indonesia. Hal tersebut pun kini dilakukan oleh Malaysia Global Innovation & Creativity Centre yang disingkat MaGIC dalam kegiatan “Startup Exchange Program Show” di Wisma Barito Pacific, Jakarta, pada Senin 29 Agustus 2016.

“Era MEA semakin menantang jiwa berkompetisi untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan di Asia Tenggara. Start up terus bermunculan dengan inovasi dan keberanian yang kuat untuk berkompetisi,” ucap CEO Yacademy, Arne van Looveren.

MaGIC sendiri berkolaborasi dengan Yacademy, perusahaan pembelajaran digital start up dan investor lokal Kejora, meluncurkan pilot project perdana di Indonesia yaitu Startup Exchange Program Show yang menghadirkan dua perusahaan start up asa Malaysia yaitu Bloom This yang menawarkan layanan online dalam penyediaan dan pengiriman kebutuhan bunga-bunga segar secara berlangganan dan Blue Bear yang memproduksi dan menjual pembalit wanita ramah lingkungan. Kedua perusahaan start up ini akan melakukan studi banding selama dua pekan yaitu sejak 29 Agustus 2016 sampai dengan 9 September 2016.


“Kami memiliki misi menjadi wadah ekosistem kewirausahaan di Malaysia, MaGIC memiliki peran penting dalam menyatukan sumber daya yang meimpah untuk dioptimalkan oleh komunitas kreatif dan startup sehingga dapat memberikan nilai kebermanfaatan yang tinggi baik di skala regional maupun global.” Ucap Andy Zain, Managing Director Kejora.


Bloom This dan Blue Bear akan mengunjungi sejumlah start up lokal untuk berbagi pengalaman, bertemu dengan investor, Kadin, lembaga pendidikan, dan menghadiri forum-forum kewirausahaan yang fokus pada pengembangan bisnis secara digital. lanjutnya



Ada beberapa program yang digulirkan oleh digulirkan oleh Yacademy dan Kejora yaitu program MaGIC, program akselerasi, dan Distro Dojo. Peserta dari program-program tersebut 2/3 dari Malaysia dan 1/3 dari Indonesia. Selain itu ada program Idea Box merupakan program join venture dengan Indosat. Tujuan dari join venture ini untuk mencari start up – start up yang memiliki potensi untuk berkembang. Start up yang terpilih akan masuk dalam program booth camp atau inkubasi, program pendampingan start up. Selain program Idea Box ada juga program Founder Institute yaitu program pelatihan bagi karyawan atau pegawai yang masih bekerja tapi ingin menjadi pengusaha. Selama empat bulan, peserta yang terdaftar dan lolos seleksi akan mendapatkan pelatihan. Setelah dites dan lolos maka peserta akan mendapatkan berbagai ide dan dukungan untuk menjadi pengusaha? Anda tertarik? Silakan masukkan lamaran kepada MaGIC.  Untuk informasi lebih lanjut hubungi Academy, Wisma Barito Pasific, Tower A, Floor 6, Jalan Letjend S.Parman, Kav. 62-63, Jakarta.
Program Kolaborasi Start Up Malaysia dan Indonesia bersama MaGIC Program Kolaborasi Start Up Malaysia dan Indonesia bersama MaGIC Reviewed by Fauzi Nurhasan on 02.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.