Internet –an Sehat untuk Anak




Tidak bisa dipungkiri, anak-anak zaman sekarang udah melek internet dan gadget. Dari bangun tidur sampai mau tidur yang ditanyain, hape, tablet, laptop, dan alat-alat canggih lainnya. Tentunya yang medapat support internet, dong, ya. Kalau nggak ada internetya, mereka juga ogah. Begitu pun yang terjadi sama si sulung, Fathan. Istri saya sempat galau melihat si sulung yang berusia 4 tahun udah pintar buka youtube sendiri, cari-cari tontonan sendiri. Saya dan istri pun berdiskusi mencari cara agar anak-anak tetap bisa internetan sehat.

Setelah diccoba beberapa cara dan dilakukan secara konsisten, akhirnya menemukan beberapa cara yang sedikitnya anak tetap bisa internetan sehat. Ini dia beberapa cara yang sudah saya dan istri coba lakukan di rumah.

1.       Menahan diri untuk tidak memegang hape/gadget di depan anak. Hal ini sulit sekali saya lakuka, apalagi saya cenderung mengerjakan pekerjaan secara online. Pagi-pagi bangun tidur pastinya langsung ngecek hape. Tapi suatu kejadian membuat saya sadar bahwa anak-anak itu memang peniru ulung dan akan mencontoh apa yang dilakukan orangtunya. Setiap maghrib, saya dan keluarga selalu mengusahakan shalat maghrib dan isya di masjid secara berjamaah. Nah, suatu kali, sehabis shalat maghrib, saya membuka hape, maksudnya untuk mengecek pekerjaa. Lalu tiba-tiba istri menghampiri dan menceritakan kejadian lucu bahwa tadi Fathan merengek minta hape, sama istri ditolak dengan alasan di masjid itu tidak boleh buka hape, dengan polosnya Fathan menunjuk ke arah saya dan berkata,”Itu ayah buka hape,”. Kejadian ini membuat saya sadar bahwa memang anak-anak itu perlu contoh yang baik. Bagaimana saya bisa mengajarkan kepada anak untuk internetan secara sehat kalau saya sendiri masih memberi contoh yang kurang baik.
2.       Membolehkan internetan saat akhir pekan. Saya tidak bisa benar-benar melarang 100% anak-anak untuk internetan. Karena memang tetap ada hal-hal positif yang bisa saya bagikan kepada anak-anak melalui internet. Oleh karena itu, saya tetap membolehkan Fathan nonton Youtube pada akhir pekan. Itu pun tetap dibatasi pada jam-jam tertentu. Saya pun tidak khawatir, paket kuota XL akan cepat habis karena sekarang ada paket Combo Xtra dari XL yang memberikan fasilitas nonton Youtube secara gratis. Namun, saya dan istri tetap mengawasi tontonan di Youtube yang ditonton oleh Fathan.
3.       Menyingkirkan gadget saat mau tidur. Sebelumnya, Fathan selalu nagih mau nonton di laptop atau ipad. Namun, sekarang istri berusaha menghentikan kebiasaan tersebut. Dulu, istri memang repot dengan si bungsu yang berusia 1,5 tahun sehingga membiarkan Fathan nonton di gadget. Sekarang, istri membiasakan aktivitas membaca cerita bersama. Istri sengaja membeli majalah anak-anak dan membacakan cerita kepada mereka. Hasilya, sekarang setiap malam, Fathan sudah tidak lagi nagih mau nonton di gadget, dianagih dibacain cerita.
Nah, itu beberapa cara yang saya dan istri lakukan agar anak bisa internetan sehat. Bagaimana dengan Anda?
Internet –an Sehat untuk Anak  Internet –an Sehat untuk Anak Reviewed by Fauzi Nurhasan on 20.46 Rating: 5

1 komentar:

  1. Memang ya hidup dijaman milenium seperti ini anak-anak sudah mudah mengoperasikan gadget,malahan lebih pintar ketimbang orangtuanya.Nah disinilah dituntut kebijaksanaan orang tua selalu mendampingi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.