Wisata Alam di Yogya Bersama Keluarga

Saya sudah beberapa kali ke Yogyakarta, entah untuk urusan pekerjaan, bisnis, ataupun wisata. Namun, baru kali ini saya pergi ke Yogya bareng keluarga. Dan menurut saya ini pengalaman cukup menarik dan luar biasa karena wisata kali ini saya bersama istri dan dua bocah kesayangan, Fathan dan Fakhira. Liburan kali ini memang tujuannya tidak menelusuri kota Yogya tapi lebih menjelajahi wisata alam yang ditawarkan di kota ini. Ada beberapa destinasi yang menjadi tujuan wisata kami yaitu Goa Pindul, Pantai Sadranan, da Lava Tour Merapi. Bagi Fathan yang memang punya rasa ingin tahu besar, dia sangat atusias. Wisata alam di Yogyakarta bersama keluarga merupakan pengalaman yang menarik bagi kami sekeluarga.

Pada hari pertama menginjakkan kaki di Yogyakarta, kami langsung menuju obyek wisata Goa Pindul, salah satu obyek wisata yang berada di Kab. Gunung Kidul. Awalnya saya kurang ngeh bagaimana menikmati wisata alam ini. Namun, setelah sampai di sana, saya baru faham bagaimana menikmati wisata alam yang menurut saya menarik, menantang, dan bisa dinikmati bersama keluarga. Cara menikmati wisata ini dengan cara menaiki ban besar (tube). Saya naik tube dan memangku Fathan, sementara istri naik tube sambil memangku Fakhira. Lalu, tube-tube tersebut dilayarkan menyusuri sungai di bawah Goa Pindul. Fathan sangat antusias saat memasuki goa yang gelap lalu menelusuri aliran sungai dengan pelan. Anak-anak sama sekali tidak merasa takut, mereka malah merasa antusias. Apalagi saat tahu di atas gua banyak kelelawar yang bertengger.

Setelah dari Goa Pindul, kami pun menuju Pantai Sadranan. Fathan sudah antusia sekali karena dia sangat suka berenang di pantai. Bagaimana dengan Fakhira? Ini pertama kalinya dia main ke pantai, saya penasaran apakah dia akan merasa takut melihat ombak yang bergulung? Oalaaah… ternyata bocah perempuan 1,5 tahun ini punya jiwa petualangan yang sama dengan kakaknya. Dia tampak senang dan betah berenang di pantai. Saya pun menikmati waktu bermain bersama dengan anak-anak.

Mengunjungi dua tempat wisata alam dalam sehari tentunya sangat melelahkan kami. Sehingga saat perjalanan menuju hotel, kami menggunakannya untuk istirahat. Sayangnya, saya punya beberaapa pekerjaan yang harus diselesaikan secara online. Untungnya sinyal XL sangat bersahabat. Sehingga saat perjalanan ke hotel saya bisa bekerja denga lancar, mumpung anak-anak sedang tidur juga. Saat ini, teknologi internet memungkin siapa saja bisa bekerja di mana saja, walaupun sambil liburan. Asalkan didukung oleh sinyal yang kuat sehingga tetap bisa terhubung dengan dengan siapa saja. Saya tetap bisa membuat lapora dan mengirim laporan tepat waktu asalkan ada sinyal internet yang kuat. Namun ternyata tidak semua provider memiliki sinyal kuat di beberapa tempat. Buktinya, istri saya tidak bisa koneksi internet karena saat itu menggunakan provider yang berbeda.

Keesokan harinya pun saat mengunjungi obyek wisata Lava Tour Merapi, saya tetap bisa terkoneksi dengan internet. Petualangan Lava Tour Merapi menurut saya salah satu wisata alam yang sangat menarik dan bermanfaat untuk keluarga. Kami sekeluarga menaiki mobil jenis Jeep menelusuri jejak peristiwa Merapi. Anak-anak sangat antusias naik Jeep menelusuri jalanan terjal pegunungan dengan pemandangan sisa peristiwa Merapi. Anak-anak pun begitu heboh saat mengunjungi museum rumah sisa peristiwa Merapi. Di sana banyak benda peninggalan peristiwa Merapi yang sudah dalam keadaan gosong akibat lava. Bahkan, ada kerangka sapi yang cukup menarik perhatian anak-anak. Foto-foto korban Merapi pun membuat rasa penasaran dan empati anak-anak tumbuh  besar. Perjalanan Lava Tour tetap membuat saya senang karena saya bisa posting-posting di media sosial berkat jaringan internet XL yang lancar.

Oke, menurut saya, wisata alam di Yogyakarta bareng keluarga sangat direkomendasikan karena selain meningkatkan bonding/ikatan kami sekeluarga, wisata alam ini menumbuhkan rasa pengetahuan anak-anak, meningkatkan rasa percaya diri, dan menumbuhkan empati. So, kira-kira nanti kami sekeluarga akan wisata ke mana lagi, ya?
Wisata Alam di Yogya Bersama Keluarga Wisata Alam di Yogya Bersama Keluarga Reviewed by Fauzi Nurhasan on 19.38 Rating: 5