Yuk Dukung Germas Agar Hidup Lebih Berkualitas





Sehat itu memang sangat mahal harganya. Saya baru benar-benar menghargai kesehatan setelah merasakan betapa tidak enaknya sakit. Sekitar dua bulan lalu, saya menjalani operasi pengangkatan empedu karena terdapat batu di dalam empedu saya.Tidak kira-kira ternyata besar batu di dalam empedu sudah sebesar buah kurma, hampir memenuhi semua empedu. Pantesan rasanya sakit sekali. Kalau sudah kambuh rasanya tidak tahan. Akhirnya saya mengikuti saran dokter untuk melakukan operasi.

Saya disarankan menjaga pola makan pascaoperasi. Ketiadaan empedu dalam tubuh saya tentunya cukup mengganggu proses kerja tubuh saya. Sehingga saya hars benar-benar menjaga kesehatan. Saya harus lebih memperhatikan stamina tubuh tidak boleh terlalu dipaksa untuk bekerja. Ya, saya harus benar-benar memperhatikan kesehatan saya.

Oleh karena itu saya sangat antusia mengikuti acara  dari Kementrian Kesehatan yang bertajuk ‘Urang Bandung Dukung Germas’. Acara ini diadakan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Germas sendiri singkatan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Acara yang diadakan di hotel Savoy Homann, Jl. Asia Afrika No. 112, Cikawao, Lengkong  Bandung pada 21 April 2017 ini mengundang 20 blogger Bandung dan 15 blogger  Jawa Barat.
Gerakan ini memang diusung oleh Kementerian Kesehatan RI karena disinyalir saat ini gaya hidup masyarakat sudah jauh dari gaya hidup sehat. Tujuan Germas memang untuk mengajak masyarakat berperilaku sehat, sehingga kesehatan terjaga, tetap produktif dalam bekerja, lingkungan keluarga yag bersih sehingga hemat biaya berobat. Yaa…saya merasaka sekali betapa mahalnya biaya berobat jika sudah sakit. Apalagi jika harus operasi, biayanya sungguh luar biasa hingga di awal saya katakana kesehatan itu memang sangat mahal harganya.

Pada acara ini hadir narasumber  yiatu drg. Oscar Primadi MPH, Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Masyarakat, Idra Rizon, Kepala Bagian Hubungan Media dan Lembaga Kemenkes RI, Uus Rukmana, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dan narasumber workshop Anwari Natari. Hampir semua narasumber menyebutkan bahwa gaya hidup zaman sekarang yang serbainstan banyak menyebabkan timbulnya penyakit dgeneratif seperti stroke, diabetes, darah tinggi, paru-paru.  Kesemuanya itu bisa menyebabkan kematian. Penyakit-peyakit degenerative tersebut umumnya timbul karena beberapa gaya hidup zama modern seperti:


  • ·         kurang bergerak, terlalu banyak bekerja di kursi/meja, kurang beraktivitas

  • ·         kurangnya mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan

  • ·         kebanyakan minum minuman ringan mengandung soda, pemanis buatan, dan pengawet.


Saya pun sadar, penyebab saya mengalami sakit batu empedu karena gaya hidup saya yang kurang sehat selama ini. Saya sering makan makanan berlemak dan kurang sekali mengonsumsi sayuran. Saya juga suka sekali minum minuman ringan dalam kemasan.  Saya pun bertekad untuk mengubah gaya hidup saya agar saya bisa menjalani hidup lebih sehat.
 foto: by Wawa Fajri

Sesi kedua, acara diisi oleh Anwari Natari yang memberikan workshop kepenulisan. Dalam workshop ini, Kang Anwari membahas korelasi antara judul dan isi artikel yang kadang enggak nyambung demi tingginya traffic blog. Acara workshop ini cukup seru karena kang Anwari membawakanya dengan ringan dan tidak membosankan serta diselingi games-games menarik.


Yuk Dukung Germas Agar Hidup Lebih Berkualitas Yuk Dukung Germas Agar Hidup Lebih Berkualitas Reviewed by Fauzi Nurhasan on 00.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.