Jelajah Energi Menumbuhkan Cita-Cita Menjadi Pengusaha Migas

Lokasi Onshore EP JTB A1 JTB213

Salah satu impian aya adalah menjadi pengusaha migas. Tiga belas tahun yang lalu, saya pernah tinggal di Balikpapan dan berinteraksi dengan perusahaan-perusahaan migas di sana. Berinteraksi dengan perusahaan migas menumbuhkan bibit-bibit impian dalam diri saya untuk menjadi pengusaha migas. Hingga saya pun pernh merintis usaha batu bara bersama seorang teman. Namun sayang mungkin saat itu belum saatnya impian saya tumbuh subur. Kegagalan demi kegagalan pernah saya rasakan hingga akhirnya menggeluti bidang marketing.

Tahun-tahun berlalu, namun impian itu masih ada walaupun masih menjadi kuncup. Namun, bukankah dari kuncup bunga pun akan tumbuh hingga berbuah. Kuncup impian itu pun kembali hadir saat saya berkesempatan mengikuti kegiatan PERTAMINA TOURING BLOGGER yang diadakan oleh Pertamina pada tanggal 1-2 Agustus 2017.

Pukul tiga dini hari saya melawan dinginnya cuaca pagi yang menusuk tulang dan bergegas menuju stasiun Kota Bandung. Sebenarnya jadwal keberangkatan yang tertera di tiket adalah pukul 06.00 pagi. Namun, daripada terlambat, lebih baik saya datang lebih awal. Hingga saya tidak menghiraukan mata yang masih mengantuk dan merindukan selimut. Ternyata, stasiun tidak mengenal waktu istirahat. Pukul segitu, orang-orang sudah banyak yang mengantre di loket pembelian tiket. Suasana ramai stasiun membuat saya tidak merasa bosan menunggu jam keberangkatan.

Bagi saya, perjalanan kereta api selalu meninggalkan kesan tersendiri. Saya bisa bersantai menikmati pemandangan hijau sepanjang jalan. Hingga tanpa terasa saya pun tiba di Cirebon sekitar pukul 10.00. Tiba di Cirebon, --bersama blogger lain yang sudah tiba—kami menuju Pertamina EP Asset 3. Kami melakukan field visit di Pertamina EP Asset 3. PT Pertamina EP (Eksplorasi Produksi) Asset 3 merupakan anak perusahaan Pertamina di bidang Hulu yang melakukan eksplorasi dan produksi minyak dan gas di wilayah Jawa Bagian Barat, dan Jatibarang. Pertamina EP Asset memiliki 3 field di area Subang, Tambun, dan Jatibarang. Pertamina EP Asset 3 memiliki total 53 struktur dari 3 lokasi dan memproduksi 10181 Barrel Oil Per Day minyak serta 290.7 Million standard cubic feet per day (MMSCFD) (data per Juli 2017).

Kami tidak bisa sembarangan masuk ke EP. Kami harus memakai alat pelindung diri (APD) lengkap. APD terdiri atas baju khusus yang dipakai langsung, safety helm, safety boot, dan safety glasses. Pertamina memang mengutamakan safety di wilayah kerjanya, sehingga sangat memperhatikan segala bentuk alat keselamatan. Sebelum masuk, kami pun mendapat  briefing agarlebih memahami kondisi di lapangan. Bahkan, kami pun diberi demonstrasi fitur keselamatan bangunan. Hingga jika terjadi sesuatu, kami siap dan bisa menyelamatkan diri.
Kantor Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field

Di EP Asset 3, saya bisa menyaksikan langsung proses pngeboran Onshor. Salah satu sumur pengeboran Onshor PERTAMINA EP JTB A1/TB213 merupakan sumur yang ke-13 JTBA 1 dan baru beroperasi sekitar 85 hari. Saat ini, sumur pengeboran ini sudah mencapai  kedalaman 2216 m diameter lubang akhir 6 inc, dengan Slubung 4,5 inc. Untuk membangun satu sumur pengeboran Onshore menghabiskan biaya  sekitar 15 juta US Dolar.
Lokasi Onshore EP JTB A1 JTB213

Setelah puas menjelajahi EP Asset 3, kami pun istirahat, sholat, dan makan. Jadwal berikut adalah kunjungan ke RU VI Balongan. RU VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktrat Pengolahan PT Pertamina (Persero). RU Balongan sudah beroperasi sejak tahun 1994. Di sinilah, minyak mentah (crude oil) diolah menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), nonBBM, dan Petrokimia. RU VI Balongan berperan penting dalam memasok BBM ke daerah Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan lain-lain.

Unit Penolahan VI Balongan

Setelah mengenal proses pengolahan minyak, kami pun mengunjungi Rumah Berdikari. Di sana. Kita dapat melihat kolaborasi antara pengembangan budaya dan industry di kawasan Indramayu. Rumah Berdikari melakukan banyak kreasi dan kreativitas dalam pengolahan mangrove. Ternyata mangrove bisa diolah menjadi beragam makanan seperti sirup, dodol, kacang, dan kecap. Minuman sari mangrove memiliki rasa yang segar seperti minuman jahe.
Minuman Mangrove

Saya baru tahu bahwa mangrove bisa diolah menjadi beragam makanan khas yang memiliki cita rasa yang nikmat. Jadi ingin segera tba di lokasi hutan Mangrove. Menyaksikan betapa kayanya kekayaan alam di pantai Indonesia yang wajib kita pelihara dan lestarikan. Nantikan cerita saya selanjutnya tentang wisata hutan Mangrove di Pantai Karongsong, Indramayu.
Jelajah Energi Menumbuhkan Cita-Cita Menjadi Pengusaha Migas Jelajah Energi Menumbuhkan Cita-Cita Menjadi Pengusaha Migas Reviewed by Fauzi Nurhasan on 06.11 Rating: 5